Categories
Sains

Penjelasan Mengapa Wajah di Foto dan Cermin Terlihat Berbeda

Setiap orang pasti sudah familiar dengan wajah mereka sendiri. Kita melihat wajah kita di cermin hampir setiap hari semenjak kecil. Sejak itu, kita tahu persis bagaimana bentuk wajah kita.

Namun seiring perkembangan teknologi, muncul sebuah alat bernama kamera yang dapat memotret kita. Kamera biasa digunakan untuk mengabadikan banyak hal, termasuk wajah.

Tapi jika kita amati, banyak orang yang merasa aneh saat wajah mereka dipotret. Kita pasti merasa asing dengan wajah yang ada di foto tersebut.

Namun, mengapa bisa begitu? Berikut Penjelasan Mengapa Wajah di Foto dan Cermin Terlihat Berbeda

Sifat cermin datar yang membalikan bayangan

Seperti kita tahu, cermin datar adalah jenis cermin yang membalikkan bayangan benda. Terbalik yang dimaksud bukanlah yang di atas menjadi di bawah, melainkan kanan menjadi kiri.

Sifat ini membuat kita melihat diri kita terbalik selama bertahun tahun. Bagian kanan wajah kita terlihat sebagai bagian kiri di cermin, dan karena waktu yang lama membuat kita familiar dengan bentuk sebelah kiri tersebut.

Saat dipotret, kita merasa asing karena bagian yangbiasanya ada di bagian kiri di cermin menjadi berubah. Ya, pada umumnya lensa kamera tidak membalikan bayangan seperti halnya cermin, namanya lensa mirrorless.

Lensa ini menunjukan wajah asli kita, seperti halnya orang lain melihat wajah kita. Asing memang, namun itu kenyataannya.

Lain halnya dengan lensa mirror. Lensa ini akan membalik bayangan seperti halnya cermin. Jadi, jika kamu merasa fotomu tidak aneh, besar kemungkinannya lensamu mirror atau pengaturan softwaremu yang otomatis membalik foto secara horizontal.

Kualitas Kamera

Terkadang, kamera tidak sepenuhnya benar. Karena setiap kamera memiliki kualitas yang berbeda beda.

Jika menggunakan kamera berkualitas tinggi, pasti hasil yang didapatkan jernih dan bagus. Namun sebaliknya, jika menggunakan kamera berkualitas rendah, hasil yang didapatkan kurang memuaskan.

Ini juga salah satu alasan mengapa wajah kita terlihat aneh saat di foto

Rasio gambar

Rasio gambar akan mempengaruhi bentuk wajahmu. Gambar dengan rasio 1:1 akanterlihat lebih jujur daripada gambar dengan rasio 18:9. Sebenarnya tidak terlalu berpengaruh, namun perspektifmu akan merasa asing.

Jadi pada dasarnya, kamera adalah alat yang jujur dalam hal perspektif. Kamera menunjukan wajahmu yang biasanya dilihat orang. Sedangkan cermin, dia jujur dalam hal tampilan, tapi tidak jujur dalam hal perspektif karena membalikan fakta kanan kiri bayangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *